Jumat, 20 November 2009

Berjalan Kaki


Imam Baqiy bin Makhlad Al-Andalusi

Imam Baqiy bin Makhlad Al-Andalusi rahimahullah (lahir 201 H, wafat 276 H) berjalan kaki dari Andalus (Spanyol) ke Baghdad semata-mata untuk menemui Imam Ahmad bin Hanbal dan mempelajari hadits darinya.
Usianya ketika itu lebih kurang 20 tahun. Tiba di sana, beliau hanya mampu mempelajari hadits dari balik pintu karena adanya fitnah yang menimpa Imam Ahmad. Setiap hari hanya mendapat beberapa buah hadits. Dan berkat kesabaran dan kesungguhannya, sebanyak 300 buah hadits telah berhasil didengarnya.

Imam Ibnu Abi Hatim Ar-Razi

Imam Ibnu Abi Hatim Ar-Razi rahimahullah menceritakan kehebatan bapanya, Imam Abu Hatim Muhammad bin Idris Ar-Razi rahimahullah (lahir 195 H, wafat 277 H). Beliau bermusafir dari Kufah ke Baghdad berkali-kali. Begitu juga dari Mekah menuju ke Madinah.
Dari Madinah menuju Mesir hanya dengan berjalan kaki. Beliau juga berjalan kaki dari Mesir ke Ar-Ramlah. Dari Ar-Ramlah ke Baitul Maqdis, 'Asqalan dan Tobariyah. Dari Tobariyah pula ke Damsyik. Dari Damsyik ke Hims. Dari Hims ke Antakia. Dari Antakia ke Tarasus. Dari Tarasus, beliau kembali lagi ke Hims. Kemudian ke Baisan dan ke Ar-Raqqah. Dari Ar-Raqqah, beliau mengharungi Sungai Eufrat menuju Baghdad.
Usianya ketika itu baru 20 tahun. Jarak yang begitu jauh ditempuh dengan berjalan kaki. Pengembaraan pertamanya memakan waktu 7 tahun dan pengembaraan kedua kalinya memakan waktu selama 3 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar